kunjungan industri RPL

kunjungan industri RPL
klas 2

Senin, 21 Oktober 2013

Cash flow

Cash flow (aliran kas) merupakan “sejumlah uang kas yang keluar dan yang masuk sebagai akibat dari aktivitas perusahaan dengan kata lain adalah aliran kas yang terdiri dari aliran masuk dalam perusahaan dan aliran kas keluar perusahaan serta berapa saldonya setiap periode.


Fungsi dari cash flow antara lain adalah:
#sebagai fungsi likuiditas dimana dana yang ada untuk tujuan/rencana memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bisa dicairkan dalam waktu cepat tanpa ada pengurangan investasi awal.
#berfungsi sebagai anti inflasi dimana dana yang disimpan untuk menghindari resiko turunnya daya beli di masa akan datang.
#capital growth yang diperuntukkan untuk menambahkan aset-aset di masa akan datang.
Aliran kas(cash flow) pada awal investasi suatu perusahaan adalah untuk kebutuhan awal bisnis seperti tanah,alat-alat kantor,mobil untuk transportasi dan lain-lain.Aliran awal itu disebut pengeluaran(cash flow out).
Sementara pada aliran kas pada operasionalnya seperti penjualan,pembelian,biaya umum serta kebutuhan administrasi.Disini terjadinya aliran kas keluar dan juga aliran kas yang masuk.
Terminal cash flow pula adalah aliran kas yang berkaitan dengan sisa proyek yang mengandungi sisa proyek serta sisa modal kerja seperti penjualan peralatan-peralatan proyek.
Ada empat langka dalam penyusunan cash flow, yaitu :
1. Menentukan minimum kas
2. Menyusun estimasi penerimaan dan pengeluaran
3. Menyusun perkiraan kebutuhan dana dari hutang yang dibutuhkan untuk menutupi deficit kas dan membayar kembali pinjaman dari pihak ketiga.
4. Menyusun kembali keseluruhan penerimaan dan pengeluaran setelah adanya transaksi financial dan budget kas yang final.

Cara Membuat
    Cash-in, umumnya berasal dari penjualan produk atau manfaat terukur (benefit)
      Cash-out, merupakan kumulatif dari biaya-biaya (cost) yang  dikeluarkan.
Cash flow yang dibicarakan dlm ekonomi teknik –> cash flow
investasi yang bersifat estimasi / prediktif
komponen utama cash flow: 
  • Initial cost (investasi); 
  • Operational cost; 
  • Maintenance cost; 
  • Benefit / manfaat.
2.tahun 2009 perusahaan memiliki total harta Rp. 450.000.000,- dan laba usaha yang diperoleh selama tahun itu Rp. 8.500.000,-. Berapa untung perusahaan tsb? Usaha tersebut layak atau tidak?
investasi (capital outlays) sebesar Rp. 160.000.000,-. Aliran kas masuk (proceeds) diperkirakan Rp. 600.000.000 per tahun selama 12 tahun (sesuai jangka waktu pengembalian kredit yaitu selama 3 tahun). Usaha tersebut layak atau tidak?

3.Usaha burung kicau memilik dana 25.000.000 untuk membuat bisnis bursa burung kicau di keluarkan modal sekitar 15.000.000 per tahun.. layak atau idak usaha tersebut?

4.PT. Maju lancar memproduksi armada bus sekitar 25 dalam setaun jika PT. trsebut mengeluarkan dna sebesar 300.000.000 per bulan untuk membuat armada trsebut... namun pajak yg di tanggung oleh pihak trsebut sekitar 25.000.000 layak atau tidak bagi PT tersebut untuk melanjutkan usahanya?

5.usaha jasa service HP membutuhkan modal sekitar 3000.000 rupiah utk membeli kebbutuhan ...alat2 elktronik dll dengan pengeluaran sebulan 500,000 rupiah masih mendapatkan untungkah usaha tersebut..
jika gaji karyawan dalam sebulan 2000.000 rupiah???
 
ANALISA

menurut saya Cash Flow itu menghitung arus kas masukan dari setoran modal -utang -omzet-dan total masuk.... lalu di beri keluaran untuk blnja bahan baku , gaji karyawan , dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar